Langsung ke konten utama

Cara Mencari Penjahit Baju yang Baik di Google

Penjahit baju sedang memotong kain untuk dibuat pakaian.

Penjahit baju yang berkualitas bagus serta baik tidak mudah di temukan apalagi sesuai dengan keinginan dan harapan kita dalam membuat baju sesuai model yang di minta.

Menjadi hal yang menyulitkan saat tinggal ditempat jauh dari keluarga, saudara atau teman yang bisa dimintai rekomendasi orang dan tempat menjahit yang baik. Hal yang tidak dapat di anggap sepele apalagi bila mendesak waktunya harus tersedia. 

Kesulitan Mencari penjahit di era digital bukanlah kendala besar, memanfaatkan internet dan telepon genggam kita bisa mencari, menemukan mereka di Google yang selama ini makin  terkenal mempermudah serta membantu menjawab hambatan seseorang untuk mendapatkan informasi. 

Ada beberapa tips dan panduan untuk di perhatikan dalam mencari penjahit menggunakan Google, yaitu:

Gunakan Kata Kunci Pencarian

Menggunakan kata kunci sangat penting dalam setiap pencarian di Google, sehingga  mendapat hasil yang sesuai atau relevan dengan harapan dan keinginan kita.  Tanpa kata kunci yang didapat hanyalah informasi membingungkan dan ambigu saja.

Rumusan kata kunci dalam mencari penjahit harus berdasar panduan cara menemukan sesuatu di Google secara umum. Perlu diketahui agar selalu menggunakan 3 kata dasar utama yaitu:

  • Apa yang kita cari, meliputi berbagai kata dasar benda, kata kerja yang mengacu pada hal yang spesifik dalam 1 kata saja. Contohnya: sepatu, baju, menjahit dan lain lain.

  • Sifat  kondisi, bentuk fisik yang kita cari, tujuannya agar menjadi lebih terseleksi dan lebih terarah pada tujuan pencarian yang diinginkan. Intinya memperkuat dasar pencarian. Contohnya adalah: baik, bagus, daster, kemeja, kebaya dan lain lain. 

  • Tempat atau lokasi terdekat dari kita tinggal, Google sangat memperhatikan dalam pencarian sesuatu yang tempat dan lokasi saling berdekatan dengan tujuan di capai hasil yang maksimal dan efisien. lokasi merujuk pada satu wilayah atau daerah tertentu.Contohnya: Kota Surabaya, Surabaya Utara, Surabaya Timur, bahkan bisa lebih spesifik pada alamat tertentu. 

Bila di ringkas rumusan tersebut adalah What, how, where . Contoh kata kuncinya dari hal tersebut adalah " penjahit baju kebaya bagus surabaya timur". Penggunaan kata kata tambahan  sangat dianjurkan sehingga hasilnya lebih mendetail.

Seleksi Hasil Pencarian

Dalam hasil pencarian Google saat ini, ranking bukanlah yang utama tetapi relevansi dari hasil pencarian adalah yang utama. Ketika mencari Penjahit, setelah kata kunci memberikan banyak petunjuk untuk dipilih dan seleksi lanjutan.

Membandingkan minimal 10 orang Penjahit peringkat teratas sangat dianjurkan sebelum memastikan diri mempercayakan kain yang dibeli untuk di buatkan baju oleh mereka. Teliti dan berhati hati mempercayakan sesuatu pada mereka yang baru dikenal melalui internet harus dilakukan. Langkah selanjutnya adalah, 

Lihat Portofolio Hasil Kerja

Penjahit yang baik kinerja dan performanya selalu tertib dalam adminitrasi, pendataan dan dokumentasi. Tujuannya untuk menghindari masalah masalah yang bisa berakibat pada hubungan dengan pelanggan dan pemberi kerja.

Penjahit yang aktif mempromosikan karyanya secara berkala dalam bentuk tulisan, dokumentasi hasil kerja umumnya mempunyai pelanggan yang konsisten dan pekerjaannya bagus. 

Hasil kerja penjahit yang baik selalu mendapat sambutan positif dari para pelanggan umumnya disampaikan secara langsung ketika mengambil baju yang dipesannya. Selain itu kritikan disampaikan dengan tujuan agar menjadi lebih baik kedepannya dalam pelayanan.

Di era digital penyampaian  dapat melalui pemberian rating / peringkat atau komentar yang bisa dilihat di website. Melihat semua tulisan pelanggan menguatkan alasan untuk memilih penjahit yang diharapkan menghasilkan pekerjaan baik sesuai harapan.

Setelah mencari di Google, menyeleksi dengan melihat foto portofolio dan komentar dan rating langkah yang harus di lakukan semakin mudah. Yaitu

Hubungi Penjahit Pilihan Kita

Menghubungi Penjahit yang sudah kita pilih dapat melalui berbagai media komunikasi yang disediakan. Melalui pesan whatsapp, telepon rumah bahkan melalui pesan email bisa dilakukan.

Sampaikan secara detail keinginan kita untuk dibuatkan baju dengan rincian:

  • Model baju yang kita inginkan kirimkan gambar baju bila tidak mengetahui  desain dan minta pada Penjahit untuk membuat pola gambarnya.
  • Tanyakan kebutuhan kain yang diperlukan untuk membuat baju sesuai desain yang sudah di sepakati bersama. Berikan kelebihan 10% panjang bahan dari permintaan agar  penjahit leluasa dalam memotong kain. 
  • Tentukan batas waktu pengerjaan baju sehingga didapat kepastian jadwal pengambilan. Umumnya dibutuhkan 10 hingga 15 hari menjahit baju menyesuaikan antrian pemesanan pelanggan.
  • Negosiasikan harga yang di tawarkan oleh penjahit kepada anda, karena harga jasa menjahit bukanlah harga di toserba yang tidak bisa ditawar apalagi di diskon. Semakin banyak baju dikerjakan biasanya potongan pembayaran diberikan.

Setelah semua telah di sepakati melalui hubungan jarak jauh seperti telpon dan internet, saatnya anda mengunjungi lokasi penjahit untuk melakukan pengukuran badan yang biasa di sebut fitting baju yang  meliputi  bagian tubuh yang diukur oleh penjahit agar pas di kenakan.

Tips Lain

  • Minta jaminan revisi bila baju tidak sesuai.
  • Berikan komentar positif bila hasil sesuai harapan.
  • Jangan menawar terlalu murah.
  • Rekomendasikan kepada mereka yang butuh informasi.

Demikian tips mencari penjahit dengan Google. Semoga bermanfaat.




Komentar

  1. Baca blog ini jadi ingat blog yg juga sy kelola, hub nya sama fashion juga.

    https://fashionelaa.blogspot.com/?m=1

    Tapi btw, cari penjahit itu cocok²an, jadi harus trial and error' dulu deh. Ya gak sih?

    BalasHapus
  2. Benar sekali. Penjahit baju pelayanannya bersifat custom dan personal apalagi untuk wanita.

    BalasHapus
  3. apa yang ditulis diartikel ini betul sekali. kadang kita cari penjahit yang pas itu tidak gampang. apalagi mendesak.
    terimkasih sudah berbagi tips boskuh
    salam kenal, sukses n sehat selalu
    Wahono Secret

    BalasHapus
  4. kadang saya juga suka cari di Google Map, masukan kata kunci penjahit baju terus bisa pilih yang terdekat domisili atau melihat review dan photo dari karya penjahit tersebut.
    Salam kenal, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya sebelumnya

    BalasHapus
  5. Ya, betul google map menampilkan jasa dan tempat usaha terdekat. Keywords utk kami di google map "penjahit surabaya", "penjahit alamanda" Terima kasih komentarnya.

    BalasHapus
  6. google memang jadi solusi apalagi untuk yang tinggal berjauhan dengan keluarga dan kerabat. mau nanya siapa? coba tanya google lalu lihat ulasan dr pengguna di sana. meskipun tidak terjamin 100% setidaknya mengurangi resiko juga

    BalasHapus
  7. Banyak cara menyeleksi pemilik usaha melalui google.trima kasih atas komentarnya

    BalasHapus
  8. Saya sudah punya langganan tukang jahit, tetapi adakalanya orderan sedang penuh sehingga mengharuskan antre menunggu giliran. Sekarang tidak perlu bingung lagi, ya, karena bisa mencari penjahit lewat internet, rumusnya whw, who how where.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam " who" terindex dengan baik oleh google. Bisa dilihat berdasar rating dan jumlah rating terbanyak.

      Hapus

Posting Komentar